Peraturan Akademik
Hasil Pembelajaran yang Diharapkan (ELO)
Siswa harus mencapai serangkaian pencapaian (hasil belajar yang diharapkan – ELO) setelah lulus. Pencapaian ELO dijamin dengan meningkatkan keterampilan secara bertahap kepada siswa melalui serangkaian persyaratan kursus dan program pelatihan penelitian bersama dengan verifikasi melalui berbagai metode penilaian. ELO saat ini serta struktur kurikulum Program Magister Ilmu Perairan kami dirumuskan sesuai dengan protokol.
Proses untuk menentukan ELO adalah sebagai berikut. Dekan mengangkat staf akademik yang namanya diusulkan oleh semua divisi sebagai tim peninjau kurikulum. Tim harus menilai dan meninjau kurikulum yang ada dengan melibatkan pemangku kepentingan dan mempertimbangkan permintaan dari tenaga kerja. Berdasarkan temuannya, tim menyampaikan laporan dan proposal kurikulum kepada Dekan. Dekan yang terakhir selanjutnya mengajukan proposal ke Senat Fakultas untuk dikomentari dan disahkan. Atas persetujuan Senat, Dekan mengajukan proposal kurikulum ke SK dan mempublikasikannya di website.
Kurikulum 2020 terdiri dari 36 mata kuliah untuk 3 sub program.
Kurikulum dikategorikan sebagai berikut:
Kategori |
Mata Kuliah |
Kredit |
Catatan |
Kursus |
|
1 |
Wajib |
Pilihan |
3 |
4 |
5 |
Program 1: Regular |
9 |
11 |
24 – 27 |
+Thesis = 12 SKS |
|
Program 2 : TFIL |
9 |
11 |
24 – 27 |
+Thesis = 12 SKS |
Magang Jepang 2 bulan |
Program 3 : IPCRBC |
9 |
3 |
24 – 27 |
+Thesis = 12 SKS |
Kuliah Unsrat ke Jerman 3 bulan
Kuliah Jerman ke Unsrat 2 bulan |
Setiap mata kuliah memiliki RPS (Link Portal Inspire) , yang memberikan informasi mengenai :
- kontribusinya terhadap pembentukan ELO
- nama mata kuliah
- kode mata kuliah
- semester yang tersedia
- jumlah kredit
- metode belajar-mengajar
- keterkaitan mata kuliah (jika ada)
- nama profesor/dosen
- deskripsi mata kuliah.
Garis besar matakuliah rinci adalah manual atau pedoman bagi dosen. Mahasiswa akan mendapatkan sebagian besar informasi dari setiap mata kuliah melalui FPIK Inspire Unsrat dan penjelasan dosen selama minggu pertama semester. Tugas siswa mungkinmenjelaskan bagaimana hal itu berkontribusi pada pembentukan ELO
Proses, ketentuan, persyaratan belajar mengajar mulai semester awal sampai dengan kelulusan mahasiswa, dan apabila ada penyesuaian kurikulum baru yang berlaku (Buku Panduan Akademik Program Studi Ilmu Perairan – S2 FPIK UNSRAT)