Kemahasiswaan

    Layanan Kepada Mahasiswa

     Bimbingan dan konseling

    Tiap mahasiswa mendapatkan bimbingan akademik dari Dosen Pembimbing Akademik (PA) yang penunjukannya oleh program studi.  Pembimbingan dan konseling juga telah ada di tingkat Fakultas dilakukan oleh dosen berlatar pendidikan bimbingan konseling yang dilaksanakan oleh SAC (Student Advisory Center). Tujuan pembimbingan dan konseling ini untuk meningkatkan IPK mahasiswa, meningkatkan jumlah mahasiswa agar lulus tepat waktu, dan mengurangi lamanya masa kuliah yang tidak tepat waktu. Melalui upaya yang telah dilakukan mampu meningkatkan IPK menjadi rata-rata 3,23 melebihi batas yang ditetapkan oleh universitas (> 2,76) dan meningkatkan jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu serta mempercepat rata-rata lamanya studi mahasiswa Ilmu Kelautan 4,5 tahun melebihi rata-rata lamanya studi yang ditetapkan universitas.

    Mahasiswa memperoleh konseling pribadi dan sosial dari para tenaga pendidik Unsrat dan psikolog, yang tergabung dalam UPT Bimbingan dan Konseling Unsrat, yang secara khusus ditugaskan untuk hal tersebut.

     

     Pembinaan soft skills

    Kegiatan pembinaan soft skills terutama dikoordinasikan dengan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FPIK Unsrat:

    1)   Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Muslim. Mahasiswa muslim yang baru mengikuti kegiatan ini yang dilaksanakan secara rutin di setiap awal bulan September, dan dibimbing oleh para dosen pendamping. Pemateri dalam kegiatan ini adalah dari Dosen FPIK Unsrat dan pemuka ágama Islam. Kegiatan ini disamping mensyiarkan dakwah tetapi juga mengenalkan mata kuliah agama Islam dan matakuliah pemahaman moral lainnya yang tercantum dalam kurikulum seperti Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

    2)    Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Kristen. Kegiatan ini diikuti oleh setiap mahasiswa Kristen yang baru dan dilaksanakan secara rutin setiap awal bulan September. Sebagai pembimbing kegiatan adalah dosen pendamping, sedangkan pemateri berasal dari Dosen FPIK Unsrat dan pemuka ágama Kristen. Manfaat dari kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman ajaran ágama Kristen  sekaligus mengenalkan mata kuliah agama Kristen dan matakuliah pemahaman moral lainnya yang tercantum dalam kurikulum seperti Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

    3)   Latihan Kepemimpinan Dasar Mahasiswa (LKDM). Pelaksanaan kegiatan pada akhir Semester Genap lebih khusus pada hari Sabtu-Minggu dan mendapat bimbingan dosen pendamping. Materi disampaikan menggunakan berbagai metode yang bertujuan untuk mengembangkan soft skills mahasiswa, di antaranya termasuk kemampuan berorganisasi dan leadership.

    4)   Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM). Sebagai kegiatan lanjutan dari LKDM yang dilaksanakan oleh Unversitas dan bersifat pilihan,  kegiatan ini diselenggarakan setiap Semester Genap dan ditawarkan kepada mahasiswa semester empat dan enam. Kegiatan dilaksanakan selama satu minggu dengan materiL: (1) nilai-nilai Kebangsaan dalam kepemimpinan untuk melayani, (2) pendalaman daya juang, dan (3)pemahaman multikultur, politik, ekonomi, sosial, organisasi praktis, penguatan komitmen, dedikasi dan etos kerja.

    5)  Pelatihan, Workshop dan Pameran Kewirausahaan. Kegiatan yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun untuk membekali mahasiswa dalam membuka usaha sendiri (wirausaha) yang di koordinir oleh Pusat Inovasi dan Kewirausahaan Unsrat. Saat ini pusat ini bekerjasama dengan Pemerintah Kanada melalui program SEDS (Sulawesi Economic Development Strategy)

    6)   Kegiatan yang dilakukan dalam rangka pembinaan soft skills adalah kegiatan English Day setiap hari Senin yang bertujuan agar mahasiswa mampu menggunakan buku literatur yang umumnya berbahasa Inggris, juga kelak mampu berkomunikasi dengan berbahasa Inggris. Hasil dari kegiatan pembinaan Bahasa inggris, mahasiswa Prodi IK berhasil menjadi Juara debat Bahasa Inggris tingkat universitas.

    7)  Untuk membangun kemampuan mahasiswa mengenal kehidupan bawah air, maka mereka diberikan pelatihan menyelam, menggunakan alat scuba dan mendapatkan sertifikat menyelam Internasional (PADI).

     

     

    Organisasi Mahasiswa di Program Studi 

    Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HIMIKA)

    Pecinta Alam Mahasiswa Ilmu Kelautan (PALAMIK)
    Tridacna Diving Club (TDC)

     

     Foto-foto aktivitas mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan

     

     

    Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan

    Fakultas

    Sistem Informasi Akademik Unsrat

    SIA

    Digital Library

    Digilib

    e-Learnig

    e-Learning

    e-Journal

    e-Journal

    Webmail Unsrat

    Webmail

    Peta Kampus

    Peta

    Repositori Unsrat

    Repositori

    Hubungi Kami

    Prodi Ilmu Kelautan
    Gedung B, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115.
    Telp/Fax: 0431-868027

    © 2018 Program Studi Ilmu Kelautan FPIK Unsrat