1.  PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

FPIK UNSRAT disahkan pendiriannya oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) I No. 58 Tahun 68 tertanggal 23 Maret 1966 terhitung mulai 17 Agustus 1966 berkedudukan di Tahuna Kabupaten Sangihe Talaud, kemudian pindah ke Manado mulai 1 Juli 1970 berdasarkan Surat Persetujuan Rektor UNSRAT No.226/I/Um.5-0/K.470 tertanggal 2 April 1970. Dengan bertambahnya Program Studi Ilmu Kelautan, maka Fakultas Perikanan UNSRAT berubah menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNSRAT berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI No. 0341/O/1996 tertanggal 5 Desember 1996. Keberadaan FPIK UNSRAT sangat strategis di Sulawesi Utara dilihat dari tiga aspek yaitu kecocokan dengan lingkungan sumberdaya alam, tersedia tenaga berpendidikan tinggi dan peminat peserta didik.

Dengan berjalannya waktu, bersamaan dengan dinamika perubahan peradaban manusia yang semakin dinamis, kompleks dan didukung keterbukaan komunikasi yang mendunia, tantangan yang dihadapi FPIK UNSRAT untuk tetap pada posisi dan perannya di masyarakat pada tingkat daerah dan nasional bahkan global menuntut kepeloporan dalam perubahan-perubahan yang cerdas dan inovatif. Untuk menjawab tantangan tersebut diperlukan pandangan yang visioner, didukung kemampuan merumuskan langkah-langkah strategis. Langkah strategis tersebut dikehendaki menjadi keyakinan bersama oleh semua pihak yang akan terlibat dalam pelaksanaan menuju pencapaian visi jangka panjang. Oleh karena itu rencana strategis harus dibuat dengan cermat dan tepat.

Rencana Strategis (Renstra) adalah suatu proses pengembangan yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu lima tahun. Dalam rangka menuntun perkembangan tridharma perguruan tinggi dan peningkatan kapasitas institusi, maka FPIK UNSRAT mutlak memerlukan dokumen Renstra yang menjadi dasar dan acuan dalam menyusun dan menetapkan Rencana Operasional (Renop), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT) pada aras fakultas dan unit – unit pelaksana pada tiap tahun dalam periode tersebut.

Renstra FPIK Tahun 2018-2022 berisi visi, misi, tujuan dan sasaran, kebijakan, program dan kegiatan yang realistis dan diyakini mampu mengantisipasi masa depan.  Renstra ini telah mempertimbangkan kondisi internal dan eksternal serta isu-isu pendidikan dan pembangunan daerah kepulauan dan nasional bahkan global, serta tetap berpegang pada jati diri dan filosofi UNSRAT dari Dr. G.S. Sam Ratulangi yaitu Sitou Timou Tumou Tou atau manusia hidup memanusiakan manusia lainnya. Berdasarkan filosofi ini FPIK UNSRAT bertekat menjadi unggulan dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang dapat menghasilkan manusia yang mampu memanusiakan manusia lainnya.

Renstra FPIK juga mengacu pada Visi UNSRAT yaitu Menjadi Universitas yang Unggul dan Berbudaya di Kawasan Pasifik dengan Misinya:

(1). Meningkatkan kualitas tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan.

(2). Mengembangkan inovasi dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni

       budaya yang berorientasi kawasan Pasifik.

(3). Meningkatkan akses dan peran perguruan tinggi bagi peningkatan taraf dan

       kualitas hidup masyarakat

(4). Meningkatkan tata kelola pendidikan tinggi.

Berdasarkan evaluasi diri, penetapan visi, misi, tujuan dan sasaran pengembangan dalam Renstra FPIK UNSRAT 2018 -2022 selain meperhatikan visi dan misi UNSRAT di atas juga melanjutkan pengembangan yang ada dalam Renstra FPIK sebelumnya dengan penajaman dan spesifikasi berdasarkan kemampuan yang ada dan tekadnya untuk maju sehingga semua program studi  meraih akreditasi A serta institusi dan laboratorium tersertifikasi ISO.

B. Landasan Hukum

  • Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
  • Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
  • Peraturan Pemerintah RI Nomor 4 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi
  • Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
  • Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 1576/UN12/KP/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan Tugas Tambahan Sebagai Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Sam Ratulangi
  • Keptusan Dekan FPIK Nomor 809/UN12.5/TU/2018 tentang Tim Penyusun Rencana Strategi (RENSTRA) dan Rencana Operasional (RENOP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNSRAT 2018-2022